Breaking News

AdSense (Seluruh Ketentuan Adsense Lengkap, Baca Disini )

APA ITU ADSENSE?



Internet Respon - AdSense adalah kerjasama periklanan melalui media internet yang diselanggarakan oleh Goolge, Melalui program periklanan Adsense, pemilik Situs Web atau Blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaan diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah di tentukan oleh google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yan gdi kenal sebagai sitem Pay Per Click (PPC) atau di bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan Adsense untuk pencarian (AdSense For Search) dan iklan arahan (Refferal). Pada Adsense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan daari Google untuk setiap pencarian yagn dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut denga klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

SEJARAH

Program Adsense didirikan setelah Google mengakuisisi Pyra Labs pada bulan Februari 2003. Sebulan berikutnya tepatnya pada tanggal 4 maret 2003, Chairman Google dan CEO, erick Schmidt, mengumumkan layanan iklan konten tertarget yang disebut Adsense. Untuk mendukung program adsense, pada 23 April 2003 atau sebulan kemudian google mengakuisisi Applied semantic yang teknologinya mendukung layanan Adsense.

Sejak Adsense didirikan, Unit Adsense for content hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa negara - negara di eropa, Timur Tengah dan Asia Timur, serta satu negara Asia Tenggara yaitu bahasa thailand. Namun akhirnya pada tanggal 1 Februari 2012 Google secara resmi mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia kini didukung untuk menampilkan unit iklan Adsense for content, setelah sebelumnya bahasa indonesia hanya di dukung untuk unit  adsense for search saja. Kini adsense for content mendukung 36 bahasa negara di dunia.

Pada tanggal 7 november 2012 Googel mengumumkan telah memperbarui aplikasi permohonan adsense bagi publisher baru yang mendaftar adsense melalui mitra host, artinya pendaftar baru yang mendaftar adsense melalui Youtube, Blogger dan Hubpages. Sejak saat itu akun adsense dibedakan menjadi dua macam, yaitu adsense hosted dan akun adsense non hosted. Berdasarkan catatan resmi Google, jumlah publisher adsense kini mencapai lebih dari 2 juta publisher di seluruh dunia.


ISTILAH DALAM ADSENSE


  • PUBLISHER
Publisher atau penayang iklan adalah orang atau pemilik situs web yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola apliaksi periklanan untuk memasang iklan adsense di situs mereka. Publisher yang menayangkan iklan google disebut Publisher google adsense. Sebelumnya publisher google adsense harus mendaftar dulu ke google di situs web mereka setelah aplikasi di setujui. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun google adsense, namun mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense.


  • AD UNIT
Yang dimaksud dengan ad unit adalah iklan adsense itu sendiri. ad unit terdiri dari beberapa janis dan beberapa ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks, pada saat pengunjung mengkllik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemusukan sesuai dengan nilai CPC-Nya.


  • LINK UNITS
Link units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. yang membedakan Link Units dengan ad units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Units yang ada di halaman tersebut. pada praktiknya, Link Unirs terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.


  • ADSENSE FOR CONTENT
AdSense for content adalah iklan adsense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad units dan Link Units adalah termasuk dalam adsense for content ini.


  • ALTERNATE ADS
Pada Adsense for content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atai iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.


  • CHANNELS
Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, Adsense for Search, dan refferals, satu units ilan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu units iklan. Di halaman laporan google Adsense, hasil laporan akan dikelompokan berdasarkan channels, sehingga penggunaan channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisis performa Adsense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama situs. Yang perlu di ingat, maksimal jumlah channels yang diperoleh saat ini adalah 200 kanal.


  • PAGE IMPRESSIONS
Page impressions adalah jumlah yang di menunjukan beberapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung Nilainya tidak berpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.


  • CLICK
Click Adalah junlah klik pada ad units milik publishe. Dalam halaman laporan adsense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Unit atau channelnya.


  • CTR (CLICKTHROUGH RATE)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu ad units dengan jumlah tampilan ad units tersebut. Misalnya, satu units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40). 


  • CPC (COST PER CLICK)
CPC adalah jumlah uang yang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masingAd units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs publisher. namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang di tawarkan oleh pemasang iklan.

  • eCPM (EFFECTIVE CPM)
eCPM atau CPM (cost Per Milion) adalah hasil pembagian antar  jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang dia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisheryang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impresi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).


KEBIJAKAN PROGRAM ADSENSE

Meski program adsense memberikan keuntungan yang besar, google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yan gsering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program adsense. beberapa larangan Google yang harus di taati pemilik situs web atau blog peserta program adsense adalah:
  • Mengklik ilan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusu.
  • Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata "Klik iklan ini" atau "Kunjungi halaman ini"
  • Menngubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google.
  • membuat pranala langsung menuju halaman pencarian Adsense dengan Kata kunci tertentu
  • Memanipulasi target iklan dengan kata kunci tersembunyi atau dengan IFRAME
  • kode units iklan adsense harus ditempatkan langsung pada Kode HTML situs web tanpa perubahan. pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode adsense dengan alassan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil kklik di jendela Pop Up atau mengalihkan target iklan.

  OPTIMISASI PENGHASILAN ADSENSE

Potensi keuntungan mengikuti program adsense membuat banyak pemilik situs web mengembangkan berbagai metode untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan yang mereka tayangkan. Sebagian metode terbukti ilegal dan melawan kebijakan resmi program adsense metode yang lain diperbolehkan, bahkan didorong penggunaannya oleh Goolge. beberapa metode yang dianggap sah adalah:
  • Memodifikasi warna unit iklan menggunakan palet warna yang disediakan adsense.
  • Meletakan unit iklan pada posisi tertentu pada halaman web yang dianggap memiliki tingkat keterbacaan tinggi.
  • Menghilangkan garis tepi unit iklan dan menyamakan warna latarnya dengan warna latar halaman web sehingga unit iklan terlihat membaur dengan isi halaman.
BANNED GOOGLE ADSENSE

Banned google adsense adalah sebuah larangan menampilkan iklan google di situs web publisher, diamana sangsi ini dijatuhkan oleh google adsense bagi publisher yang melanggar kebijakan program. banned google ada beberapa macam, pertama iklan dinonaktifkan sehingga iklan tidak bisa tampil pada salah satu halaman tertentu yang dianggap melanggar kebijakan program. Kemudian situs dinonaktifkan sehingga situs web tidak bisa menampilkan iklan di semua halamannya. dan yang terakhir adalah akun adsense dinonaktifkan, ini adalah hukuman bagi pelanggaran berat sehingga publisher tidak bisa lagi menampilkan iklan di semua situs web miliknya dan tidak diperbolehkan lagi mendaftar di google adsense secara permanen.