Breaking News

Kiat Dan Cara Tune Up Sepeda Motor (Service Ringan )

Internet Respon - Cara Tune Up Sepeda Motor, Zaman sekarang pengguna sepeda motor kian meningkat, tak jarang dalam satu rumah memiliki dua sampai 3 motor, karena faktor kebutuhan. Baik kebutuhan dalam dunia kerja, sekolah, bahkan untuk mencari nafkah keluarga. 

Tune Up (Kembali kepada Tenaga Awal)


Semua ini tak lepas dari yang namanya mesin, mesin makin lama di gunakan akan ada yang namanya haus dikarenakan oleh gesekan. Sehingga mengurangi kinerja mesin itu sendiri,tenaga mesin menurun,akselerasi lambat, bahan bakar boros, dan kemungkinan kerusakan berlanjut kepada kerusakan komponen lainnya. dan jika kondisi tersebut tidak segera di atasi akan berdampak kepada kerusakan yang lebih parah bahkan mengharuskan ganti mesin. 

Untuk meminimalisir karusakan mesin, alangkah baiknya kita lakukan perawatan dini pada mesin kendaraan yang kita miliki. disini saya akan berbagi cara tune-up sepeda motor atau srevice ringan.

Tune Up merupakan kegiatan perawatan berkala pada mesin, disini kita ambil sebagai untuk tune up sepeda motor yang mana kegiatan ini meliputi:


  • Memeriksa bagian-bagian sepeda motor untuk memastikan bagian tersebut masih berfungsi sebagaimana mestinya.
  • membersihkan bagian yang kotor agar kotoran yang ada tidak merusak sistem.
  • menyetel bagian yang berubah agar sesuai dengan spesifikasinya
  • Memperbaiki/mengganti komponen yang rusak/aus.


Diharapkan denga dilakuakannya Tune up berkala dengan baik, maka akan diperoleh:

  • Usia komponen / kendaraan akan lebih lama dan tahan atau awet.
  • Konsumsi bahan bahan bakar lebih ekonomis
  • Tenaga mesin optimal

Prosedur Tune Up Sepeda Motor 

Uraian rangkaian kegiatan yang dilakukan setiap melaksanakan tune up sepeda motor adalah sebagai berikut:

  1. Bagian mesin
  2. memeriksa dan mengganti oli pelumas mesin
  3. memeriksa saringan udara 
  4. membersihkan saringan bahan bakar
  5. memeriksa dan menyetel busi
  6. membersihkan karburator
  7. menyetel katup
  8. menyetel campuran bahan bakar/putaran mesin
  9. menyetel kebebasan kopling
  10. Bagian kelistrikan
  11. memeriksa dan merawat baterai
  12. memeriksa fungsi kelistrikan (Klakson, lampu sen, lampu kepala,lampu rem, lampu indikator)
  13. bagian chasis
  14. memeriksa dan menyetel gerak bebeas rem
  15. memeriksa,merawat dan menyetel gerak bebas rantai roda
  16. memeriksa kekocakan poros kemudi
  17. memeriksa kondisi ban menyetel tekanan angin ban
  18. memeriksa dan mengencangkan baut-baut pengikat (baut rangka, baut pengikat mesin, tuas starter,tuas transmisi, dan hal-hal yang dirasa perlu tentang perawatan)
Pelaksanaan Tune Up sepeda Motor

1. Bagian Mesin
  • Memeriksa dan mengganti oli pelumas mesin pemeriksaan jumlah oli pelumas mesin melalui stickol, jumlah/tinggi permukaan oli harus berada di antara tanda batas dan batas bawah pada stickoli

Memeriksa oli pada sepeda motor


Oli Pelumas Harus diganti apabila:
  • Kekentalan/viskositas rendah atau encer
  • jumlah oli kurang
  • warna oli berubah drastis/jarak tempuh sudah terpenuhi,dengan API SE/SF. Jumlah oli 0,8 - 1,5ltr, tergantung spesifikasi motornya, saat melakukan pembongkaran ataupun turun mesin,jumlah oli yang diisikan tambah 20% dari jumlah penggantian oli pada kondisi normal.misalnya pada saat penggantian oli normal 0,8 ltr, maka saat turun mesin oli pelumas diisi kembali sebanyak 1 ltr.
  • membersihkan saringan udara, terdapat dua jenis saringan udara yang digunakan pada sepeda motor, yaitu: saringan udara tipe kertas, dan saringan udara tipe busa/spon.
Karburator Mortor


Saringan udara tipe kertas yang kotor cukup dibersihkan saja, namun apabila elemen saringan telah tersumbat maka saringan harus diganti.cara pembersihan saringan udara tipe kertas adalah dengan menggunakan udara bertekanan,semprotkan udara bertekanan dari arah berkebalikan dengan arah aliran udara kerja masuk ke silinder.

Saringan udara tipe busa atau spon, saringan udara tipe spon dapat dibersihkan dengan cara dicuci menggunakan cairan pembersih yang tak mudah terbakar, kemudian diperas dan dikeringkan (cara memeras tidak boleh di puntir cukup di tekan pada kedua telapak tangan atau di genggam/dikepal kencang,agar elemen saringan udara tidak sobek/rusak). setelah kering,elemen saringan udara direndam dalam minyak pelumas kemudian diperas lagi untuk membuang kelebihan minyak dalam elemen saringan udara.

Membersihkan saringan bahan bakar,saringan bahan bakaryang kotor dapat dibersihkan dengan udara bertekanan, namun apabila telah tersumbat maka saringan bahan bakar harus diganti. cara pembersihan saringan bahan bakar adalah dengan menyemprot elemen saringan bahan bakar menggunakan udara bertekanan. arah semprotan udara berlawanan dengan arah aliran bahan bakar supaya semua kotoran terbuang keluar.


2. Memeriksa keausan ujung elektroda, apabila ujung elektroda telah aus busi harus diganti
3.  Memeriksa kondisi pembakaran di dalam ruang bakar dengan memeriksa warna hasil pembakaran pada busi
4. Menyetel celah busi  sesuai spesifikasi
5. Membersihkan karburator, membongkar karburator dan bagian-bagiannya, bersihkan dengan udara bertekanan, kemudian merakitnya kembali.pada saat membongkar dan membersihkan dengan udara bertekanan,perhatikan jangan sampai ada komponen yang hilang.
6. Menyetel kelonggaran kabel gas

Dari postingan ini sahabat dapat memprakteknya dirumah, tetapi tetap hati-hati dalam melakukan pengecekan jangan asal di buka silahkan diperhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan pembongkaran atau membuka komponen-komponen dari sepeda motor sahabat, tapi sahabat tak perlu cemas, jika terjadi kesalahan, sahabat bisa cari bengkel atau tukang service motor, sahabat bisa minta tolong cek kepada tukang service, dan sabahat silahkan hafal dimana penempatan baut atau lain sebagainya.